Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

Posted on

Ojogaptek.com – Halo sahabat ojogaptek.com berjumpa lagi dengan kami yang datang membagikan info seputar teknologi serta aplikasi mod dan apk premium gratis. Nah kali ini admin ojogaptek.com akan membagikan dan membahas tentang Cara Mengatasi Memori Internal Penuh.

Memori internal smartphone dan tablet memainkan peran yang sangat penting. Di sini Anda dapat menyimpan semua jenis file seperti aplikasi, game, foto, video, lagu, dll di area penyimpanan sementara untuk limbah material.

Memori umumnya datang dalam berbagai kapasitas, tetapi memiliki keterbatasan. Artinya, ketika kapasitas maksimum tercapai, memori kehilangan fungsi optimalnya.

Oleh karena itu, sulit untuk melihat bahwa ketika memori internal penuh, itu akan menginstal aplikasi baru, menyimpan file, dan memperlambat kinerja beberapa perangkat orang.

Hanya ada satu solusi. Dengan kata lain, lepaskan memori internal. Berikut adalah lima cara untuk menangani penyimpanan internal yang sudah tidak bisa menampung file lagi.

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

Lihat juga: Cara Mengatasi Android Install Aplikasi Sendiri

Hapus aplikasi Bawaan / bloatware

Aplikasi bloatware adalah aplikasi standar yang diinstal setelah Anda membeli ponsel cerdas atau tablet pertama Anda. Sayangnya, sebagian besar aplikasi standar tidak begitu penting, jadi jika Anda ingin menghapusnya, tidak apa-apa.

Begitu banyak aplikasi bloatware yang sulit dihapus dari perangkat. Namun, jika Anda ingin mencobanya, Anda setidaknya dapat menonaktifkan aplikasi dan mencegahnya berjalan di latar belakang.

Caranya adalah dengan mengetuk Pengaturan-Aplikasi-Semua. Selanjutnya, ketuk aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan, lalu ketuk Nonaktifkan.

Kosongkan cache

Cache tidak sepenuhnya sampah yang tidak diinginkan, tetapi untuk jangka waktu tertentu, sangat berguna untuk membersihkan cache secara teratur. Saat cache tumbuh seiring waktu dan kapasitas meningkat tergantung pada jumlah aplikasi dan game.

Baca juga artikel ini dan tutorial pembersihan cache yang dapat Anda baca di artikel ini. Atau tonton tutorial video ini.

Lihat juga: Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Tanpa Aplikasi

Hapus unduhan

Saat Anda mengunduh file, perangkat secara otomatis menyimpan file ke folder Unduhan, terlepas dari file tersebut. Seringkali, jika file tersebut adalah aplikasi, itu akan diabaikan setelah instalasi.

Untuk melakukan ini, periksa folder ini dan jika Anda menemukan file yang disimpan tetapi tidak digunakan, hapus konten folder.

Pindahkan file ke penyimpanan eksternal

Cara selanjutnya untuk mengosongkan penyimpanan internal adalah memindahkan aplikasi atau game Anda ke penyimpanan eksternal.

Padahal, trik ini tidak selalu berhasil, karena tidak semua aplikasi bisa dipindahkan. Namun, jika Anda dapat memindahkan beberapa dari mereka, membebaskan memori internal bisa sangat membantu.

Anda juga dapat mentransfer foto, video, dan musik ke memori eksternal. Metode ini sangat efektif untuk membebaskan memori internal.

Gunakan layanan cloud

Anda dapat juga memindahkan file foto, video, dan musik ke layanan cloud terintegrasi. Foto Google sangat bagus untuk file foto dan video. Layanan Flickr atau Dropbox dapat digunakan sebagai alternatif.

Untuk musik, kami sarankan menggunakan layanan streaming yang membutuhkan memori yang relatif sedikit.

Lihat juga: Cara Paling Ampuh Untuk Mengatasi Kecanduan Game di Android

Nah, jadi Itulah tadi beberapa Cara Mengatasi Memori Internal Penuh yang dapat kamu lakukan pada ponsel kamu sendiri, kamu dapat mencobanya seperti langkah diatas dengan mudah. Semoga berhasil.

Dan Jangan lupa kunjungki website kami, karena kami mempunyai banyak trik dan tips juga aplikasi dan game android yang menarik di Ojogaptek.com, sampai jumpa kembali dan Terimakasih.