Cara Mempercepat Android

Ojogaptek.com – Halo sahabat ojogaptek.com berjumpa lagi dengan kami yang datang membagikan info seputar teknologi serta aplikasi mod dan apk premium gratis. Nah kali ini admin ojogaptek.com akan membagikan dan membahas tentang Cara Mempercepat Android.

Ponsel cerdas yang baru saja dibeli dan masih disegel akan bereaksi sangat cepat saat digunakan. Tidak peduli seberapa cepat smartphone Anda melewati waktu. Kondisi ini normal untuk smartphone kelas atas dan bawah.

Smartphone lambat dapat terjadi karena beberapa alasan. Anda mungkin kehabisan ruang karena virus, terlalu banyak aplikasi yang diinstal, atau terlalu banyak ruang.

Kecuali jika ini disebabkan oleh kerusakan perangkat keras, kinerja ponsel cerdas yang buruk dapat diperbaiki dari rumah. Situs web Android Pit memiliki beberapa langkah yang dapat Anda lakukan di rumah saat ponsel cerdas Anda lambat.

Cara Mempercepat Android

Cara Mempercepat Android

Lihat juga: Fastboot Xiaomi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu mengapa ponsel cerdas Anda lambat. Periksa bagian Penyimpanan File di bawah Pengaturan.

Apakah ponsel cerdas Anda penuh dengan memori? Jika tidak, periksa memori RAM. Jika indikator memori RAM masih normal, ponsel cerdas Anda mungkin terinfeksi virus.

Bersihkan file yang tidak penting

Terlalu banyak memori adalah penyebab umum dari smartphone yang lambat. Sortir foto, video, dokumen Anda dan coba lagi. Jika tidak masalah, sebaiknya hapus untuk membuat ruang.

Ini juga menghapus aplikasi telepon standar dan aplikasi yang tidak digunakan. Banyak smartphone datang dengan aplikasi sponsor yang kurang berguna. Jangan ragu untuk menghapus aplikasi ini dari ponsel cerdas Anda.

Penting untuk mencatat cache juga. Cache adalah bagian dari data yang dihasilkan oleh proses aplikasi Anda yang sedang berjalan. Ini berguna untuk mempercepat kinerja aplikasi saat membuka, tetapi terlalu banyak cache dapat mengisi memori ponsel cerdas Anda dan memengaruhi kinerja ponsel cerdas Anda.

Bersihkan cache dengan aplikasi pembersihan standar. Sebagian besar ponsel cerdas dilengkapi dengan aplikasi keamanan dan pembersihan, sehingga Anda tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga.

Cara Mempercepat Android dengan Matikan animasi

Animasi saat berpindah antar aplikasi dapat meningkatkan tampilan ponsel cerdas Anda. Namun, animasi ini juga membutuhkan lebih banyak RAM, yang juga berdampak pada kinerja smartphone. Tidak ada masalah jika Anda terus menggunakan animasi transisi. Namun, menonaktifkan animasi membantu menjaga kecepatan kinerja ponsel cerdas Anda.

Jika Anda menggunakan peluncur, Anda dapat menonaktifkan animasi di pengaturan starter. Namun, animasi juga dapat dinonaktifkan secara manual dari opsi Opsi Pengembang pada menu Pengaturan.

Bersihkan ruangan

Penyebab paling umum kedua adalah terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang pada ponsel cerdas Anda. Aplikasi yang baru saja Anda tutup sering berjalan di latar belakang. Tujuannya adalah berada di halaman yang sama dengan halaman terakhir aplikasi saat pengguna membukanya kembali sebelum menutupnya. Sisa aplikasi yang sedang berjalan disimpan dalam RAM.

Sangat nyaman. Namun, menjalankan terlalu banyak aplikasi di latar belakang dapat mengisi RAM Anda. Dampaknya pada kinerja smartphone akan lebih lambat. Cukup tekan menu aplikasi saat ini dengan tombol navigasi dan geser panel aplikasi ke kanan.

Kelola widget

Widget biasanya ditemukan di layar beranda smartphone Anda. Penggunaan widget biasanya merupakan tautan ke fungsionalitas aplikasi. Namun, tidak jarang widget tidak diketahui karena virus atau iklan disentuh secara tidak sengaja saat menjelajahi browser Anda.

Silakan lihat layar beranda ponsel cerdas Anda. Pastikan widget itu hanya widget yang Anda butuhkan. Hapus yang mencurigakan. Tahan triknya dan tahan widget yang ingin Anda hapus. Kemudian tekan tombol Delete.

Hindari aplikasi pihak ketiga

Meskipun terlihat berguna, aplikasi pembersihan pihak ketiga lebih sering rusak daripada pembersihan yang sebenarnya. Aplikasi seperti Clean Master Cheetah Mobile sering membersihkan cache, yang sebenarnya membuatnya lebih lambat daripada lebih cepat.

Kemudian gunakan aplikasi pihak ketiga untuk memperhatikan privasi pihak ketiga. Sebagian besar aplikasi ini memerlukan akses tambahan dan, jika tidak ditangani dengan benar, dapat berdampak pada pencurian data.

Restart ponsel Anda

Cara tercepat dan termudah untuk mempercepat kinerja ponsel cerdas Anda adalah dengan menyalakannya kembali. Tindakan ini membersihkan cache, menghentikan aplikasi yang tidak perlu, dan membuat smartphone Anda bekerja lebih cepat.

Cukup tahan tombol power dan pilih menu Reboot / Reboot. Klik OK.

Perbarui perangkat lunak Android

Selama pemutaran smartphone, Anda mungkin melihat pemberitahuan untuk memperbarui perangkat lunak. Namun, tidak jarang bagi pengguna untuk mengabaikan pemberitahuan ini. Bahkan, pembaruan perangkat lunak penting untuk kelangsungan hidup ponsel cerdas Anda.

Pembaruan tidak selalu tentang fitur atau layanan. Pembaruan juga mencakup semua bug yang mungkin terjadi di sistem Anda. Karena itu, pastikan perangkat lunak ponsel cerdas Anda terbaru.

Selidiki penyebab lain dari pelambatan ponsel cerdas
Semakin dalam koreksi, semakin lambat smartphone Anda. Pengguna dapat memantau penggunaan baterai di menu Pengaturan> Baterai. Untuk memantau aplikasi, klik menu Pengaturan> Aplikasi Aplikasi.

Reset pabrik

Langkah terakhir, senjata pamungkas, adalah mengatur ulang ponsel cerdas Anda ke pengaturan pabrik. Prosedur ini akan memungkinkan Anda untuk menghapus berbagai akumulasi aplikasi, virus, dan cache dari ponsel cerdas Anda. Pada langkah ini, Anda mengeluarkan ponsel pintar dari kotak.

Namun, prosedur ini memiliki dampak signifikan pada data ponsel cerdas. Mengembalikan pengaturan pabrik pada ponsel cerdas Anda juga berarti menghapus semua file di ruang penyimpanan Anda. Artinya, pengguna kehilangan semua yang tersimpan di smartphone.

Karena itu, pertama-tama buat cadangan file penting Anda (dokumen, foto, video, dll.) Ke memori eksternal (mis. B. Laptop atau kartu Micro SD. Cloud Drive) seperti Google Drive, DropBox dll. Anda juga bisa

Rooting ponsel cerdas Anda

Memulai smartphone tidak disarankan untuk pengguna normal. Rooting membutuhkan lebih banyak pemahaman dan pengalaman dan tidak dapat diabaikan. Smartphone secara tidak sengaja mengalami seluruh loop boot.

Namun, jika Anda adalah pengguna berpengalaman, Anda bisa mendapatkan hak akses root untuk mengidentifikasi masalah yang mempengaruhi kinerja ponsel cerdas. Selain itu, memperbaiki smartphone yang di-rooting lebih mudah dan lebih efektif.

Lihat juga: 

Nah, jadi Itulah tadi Tutorial Cara Mempercepat Android yang dapat kamu lakukan pada ponsel kamu sendiri, kamu dapat mencobanya seperti langkah diatas dengan mudah. Semoga berhasil.

Dan Jangan lupa kunjungi website kami, karena kami mempunyai banyak trik dan tips juga aplikasi dan game android yang menarik di Ojogaptek.com, sampai jumpa kembali dan Terimakasih.

You May Also Like

About the Author: Dara Ayu Pratiwi