Cara Mengatasi Android Install Aplikasi Sendiri

Posted on

Cara Mengatasi Android Install Aplikasi Sendiri – Menginstall aplikasi adalah hal wajar. Namun jika aplikasi ternyata memasang secara sendiri tentu membuat kita was-was. Selain akan boros kuota, aplikasi yang otomatis terinstall sendiri akan membuat ruang penyimpanan penuh. Belum lagi jika ternyata aplikasi tersebut berpotensi membawa virus. Maka dari itu kondisi demikian mesti anda antisipasi agar tidak merugikan ponsel anda. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor yang bahkan tidak kita sadari sebelumnya.

Misalnya salah unduh aplikasi, download manager yang error, hingga adanya virus di ponsel anda. Mengatasi android yang menginstall aplikasi sendiri sebenarnya cukup mudah. anda tidak perlu sampai membawanya ke service center. karena dengan melakukan beberapa pengaturan saja anda sudah bisa mengembalikannya ke kondisi normal. Berikut ulasan selengkapnya untuk cara mengatasi android yang menginstall aplikasinya sendiri.

Cara Mengatasi Android Install Aplikasi Sendiri

  1. Disable Download Manager

Android dibekali dengan aplikasi Download Manager. Hanya saja aplikasi ini terkadang error sehingga android menginstall aplikasi sendiri. Anda mesti melakukan Disable aplikasi satu ini untuk mengatasi masalah tersebut. Buka menu Setting. Kemudian pilih Application Manager. Selanjutnya pilih kotak dialog All dan gulirkan ke bawah hingga menemukan pilihan Download Manager. Pada opsi App Info, tekan Force Stop, Clear Data atau Disable.

  1. Hapus aplikasi DU Speed Booster atau Mobogenie

Jika masalah masih terjadi dan android masih menginstall aplikasi sendiri, bisa jadi anda mengunduh dua aplikasi ini. dua aplikasi ini kerap mempromosikan aplikasi lain sehingga android bisa mengunduh aplikasi yang tidak anda inginkan. Anda bisa menghapus aplikasi Du Speed Booster dan Mobogenie. Jika tidak ingin menghapus, maka non-aktifkan aplikasi tersebut.

  1. Disable Auto Update dari Google Play

Disable Auto Update di Google Play sebenarnya bertujuan menghentikan update otomatis dari aplikasi yang sudah anda install. Namun cara tersebut tetap membantu agar anda tetap hemat kuota dan lebih mengontrol aplikasi mana saja yang akan diupdate. Caranya masuk ke Google Play Store. Kemudian pilih menu Setting. Setelah itu tekan opsi Auto-Update Apps. Tekan pilihan Do Not Auto-Update Apps.

  1. Disable Fitur Unknown Sources

Fitur Unknown Sources merupakan fitur yang bisa menginstall aplikasi dari sumber lain. Bisa jadi penyebab android menginstall aplikasi sendiri berasal dari fitur satu ini. anda bisa mencegahnya dengan menon-aktifkan fitur satu ini. Masuk ke menu Settings kemudian tekan Security. Setelah itu hilangkan tanda centang pada pilihan Unknown Sources. Setelah itu kembali ke tampilan seperti biasa.

  1. Gunakan antivirus

Aplikasi antivirus bermanfaat sebagai penghalang virus atau hal-hal mencurigakan masuk ke dalam smartphone. Antivirus juga bermanfaat untuk mengantisipasi aplikasi baru yang muncul dengan memberikan pop-up pemberitahuan adanya aplikasi yang akan anda install. Anda bisa menggunakan antivirus dari developer ternama atau yang sudah terkenal mutakhir di versi dekstop untuk jaminan kualitas dan keamanannya.

Demikian beberapa pilihan cara mengatasi android yang kerap menginstall aplikasi sendiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.