Sudah Beredar! Rumor Windows 11 Diluncurkan, Benarkah?

Posted on

Ojogaptek.com – Halo sahabat ojogaptek.com jumpa lagi dengan kami yang hadir membagikan infodunia teknologi serta aplikasi mod premium gratis. Nah kali ini admin ojogaptek.com akan membahas tentang Rumor Windows 11.

Sudah Beredar! Rumor Windows 11 Diluncurkan, Benarkah? Perangkat teknologi—seperti smartphone, komputer, maupun laptop—dalam pengoperasiannya diperlukan sebuah sistem operasi.

Tanpa adanya sistem operasi maka tidak ada aplikasi yang dapat dijalankan. Maka dari itu, saat ini sudah banyak sistem operasi yang dapat digunakan di berbagai bentuk perangkat.

Akan tetapi, ada satu sistem operasi yang terus dilakukan inovasi hingga menghasilkan sistem operasi keluaran terbaru. Sistem operasi tersebut adalah windows.

Sistem operasi keluaran Microsoft ini masih sangat populer di kalangan pengguna komputer hingga kini. Terakhir, perusahaan software terbesar ini mengeluarkan Windows 10 yang dirilis tahun 2015. Lalu, bagaimana dengan rumor Windows 11 yang sudah dirilis?

Windows sendiri merupakan sistem operasi antarmuka grafis yang berbasis modus teks dan command line. Generasi pertama dirilis tahun 1983 dengan nama Windows Graphic Environment 1.0. Microsoft, selaku pengembang sistem operasi ini, terus melakukan inovasi.

Hingga saat ini Windows yang sudah diluncurkan tersedia dalam tiga basis, yaitu berbasis MS-DOS, Hibrida, dan berbasis kernel Windows NT.

Window 11

windows 11

Lihat juga: Cara Sharing Printer Di Windows 10 dengan Mudah

Rumor Windows 11 yang sudah dirilis ini memang sulit terelakkan. Ini karena ada beberapa isu yang mengacu pada sudah dikembangkannya sequel terbaru dari sistem operasi ini. Isu tersebut mencakup akan beberapa hal.

Synaptic, Sequel terbaru dari sistem operasi ini

Pertama, adanya siaran pers Synaptic yang menyatakan bahwa Microsoft sepertinya akan meluncurkan generasi terbaru dari Windows. Tidak ada penjelasan lanjutan tentang hal ini.

Mereka malah mengalihkan dengan mengungkapkan tentang Windows Hello. Ini merupakan teknologi fitur keamanan PC biometrik kelas enterprise. Di sini, juga dijelaskan bahwa teknologi ini dapat diterapkan di Windows 10.

Dari isu pertama ini banyak yang menyimpulkan bahwa Microsoft sedang bersiap-siap untuk menginovasi generasi terbaru Windows, yaitu Win eleven. Padahal mungkin saja memang pihak Microsoft sedang mengembangkan perangkat lunak lainnya.

Kedua, sudah banyaknya beredar software Windows 11 di beberapa situs dan dapat unduh, serta digunakan. Memang di internet sendiri tidak ada batasan untuk mempublikasikan suatu konten selama masih dalam kaidah ITE.

Akan tetapi, hal tersebut tidak berbanding lurus dengan kebenarannya. Ada dua kemungkinan bahwa software Windows 11 tersebut palsu dan sengaja disebarkan atau pihak yang menyebarkan tidak mengetahui keasliannya.

Lihat juga: Aplikasi Simulasi CAT Ujian CPNS Gratis & Terbaik

Jika Anda mencoba menginstal Windows 11 di komputer Anda, sekilas tidak ada yang berbeda dengan tampilan Windows lainnya. Akan tetapi, kalau kita lebih teliti lagi, tampilannya mirip dengan Fluent Design System.

Seperti kita tahu bahwa tampilan ini sudah pernah hadir di Windows 10 Redstone 3. Tidak menutup kemungkinan jika bisa saja nama dari software tersebut diubah. Maka dari itu, rumor Windows 11 tersebut tidak dapat dibuktikan.

Apakah Windows 11 tidak akan pernah ada?

Selain itu, dari pihak Microsoft sendiri menyatakan bahwa itu merupakan sistem operasi generasi terakhir. Artinya, tidak aka nada lagi Windows 11, 12, dan seterusnya.

Hal ini disampaikan oleh Linda Dwiyati, selaku Consumer Channels Group Director Microsoft Indonesia, di acara Windows 10 Anniversary Update. Bukan hanya Linda, Salah satu pengembang Microsoft, Jerry Nixon, juga memberikan pernyataan yang sama dalam konferensi Ignite Microsoft.

Rumor Windows 11 sudah dirilispun dibantah oleh pihak Microsoft di situs resmi mereka. Selain itu, dalam situs resmi tersebut juga tidak tersedia software Windows 11 yang dapat diunduh oleh pengguna.

Ketiga, bisa juga yang dimaksud oleh isu tersebut adalah Microsoft Mico yang dikembangkan oleh Viktor Hammarberg. Ia merupakan seorang desainer perangkat pintar yang menggemari smartphone.

Di tahun yang sama dengan beredarnya isu tentang Windows 11, Viktor sedang melakukan eksperimen merancang Mico dengan Windows 11 for mobile. Mungkin saja ada kesalahpahaman di sini, mengira Viktor masih di bawah naungan Microsoft. Sebenarnya, eksperimen tersebut tidak ada hubungannya dengan sistem operasi perusahaan software terbesar itu.

Itulah beberapa isu yang mungkin disimpulkan sendiri dari pengguna internet dengan beredarnya beberapa pernyataan. Oleh karena itu, rumor Windows 11 sudah tersedia tidaklah benar.

Lihat juga: Cara Instal OS Android di PC dengan Remix OS

Maka dari itu, ada baiknya kalau kita mencari tahu kebenarannya. Jika Anda menginginkan sistem operasi terbaru maka teruslah perbaharui Windows 10 Anda. Ini karena Windows 10 akan terus diperbaharui dengan fitur-fitur yang lebih lengkap hingga 2025.