Dua Cara Paling Mudah Cek Kecepatan Situs

Posted on

Ojogaptek.com– Halo sahabat ojogaptek.com jumpa lagi dengan kami yang hadir membagikan infodunia teknologi serta aplikasi mod premium gratis. Nah kali ini admin ojogaptek akan membahas tentang cara Cek Kecepatan Situs.

Sudah lama sekali saya tidak nongol di blog ini hehe, karena beberapa kesibukan dan kemalasan untuk menulis lagi akhirnya sekarang saya ingin kembali lagi. Tulisan kali ini saya buat karena beberapa waktu lalu entah kenapa ojogaptek ini diakses sangat lelet sekali. Saya bingung faktor apa saja yang membuat situs ini jadi sangat susah dibuka.

Ada beberapa spekulasi yang saya tebak mengapa website saya ini jadi lemot. Pertama, mulai dari pemilihan templates, yang sebelumnya saya menggunakan template yang sudah tidak dapat update lagi sepertinya karena terakhir saya menginstallnya setahun yang lalu hehe.

Yang kedua, saya berpikiran ini Hosting yang bikin lemot, karena sering kali saya tidak bisa akses control panelnya. Oh iya, kebetulan saya ini menggunakan CMS WordPress jadinya hosting dan domain dibutuhkan.

Nah, setelah saya mencari tahu kesana kemari ternyata yang bikin situs ini lemot karena banyak faktor, hehe. Ada dua situs penyedia jasa untuk cek kecepatan situs dengan mudah hanya dengan memasukan URL yang kita inginkan.

Cara Cek Kecepatan Situs

cara cek kecepatan situs

Lihat juga: 15 Tips Menjadi Youtuber Profesional Views Banyak Dengan Cepat

1. Google Speed Insight

Ini adalah layanan resmi dari google untuk cek seberapa cepat kecepatan sebuah situs. Google Speed Insight ini akan mendiagnosa faktor apa saja yang membuat situs kita menjadi lambat untuk diakses.

Parah sih, sebelumnya memang saya kurang memperhatikan kecepatan situs. Dengan kecepatan sebelumnya hanya memperoleh rating 2.8 saja dari si mbah. Namun setelah saya melakukan beberapa perubahan pada situs saya kecepatannya naik drastis dari 28 menjadi 98.

Lihat juga: 14 Bisnis Online untuk Pemula yang patut Anda Coba

2. GTMetrix

Sebelum saya mengetahui namanya Google Speed Insight saya sudah tahu namanya GTMetrix karena kalau tidak salah sudah sejak 2013an saya sudah beberapa kali memakai jasa ini. Selain gratis layanan ini juga memudahkan juga untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang membuat sebuah situs menjadi lamban.

Cara Paling Mudah Cek Kecepatan Situs

Berbeda dengan Google Speed Insight, hasil yang diperoleh di GTMetrix sangat berbeda. Sebenarnya saya masih bingung kenapa GTMetrix ini sering menampilkan hasil yang berbeda-beda. Saat saya re-test lagi keluarnyapun juga berbeda, sempat memperoleh Performance Scores AA namun beberapa saat turun menjadi CC mungkin teman-teman disini bisa membantu saya menjelaskan hehehe.

Banyak perubahan yang saya lakukan pertama mulai Migrasi Hosting yang semula saya menggunakan penyedia hosting di Indonesia, dan sekarang saya berpindah ke penyedia luar yaitu Hawkhost dengan data center saya pilih Singapore.

Yang kedua, saya juga mengganti templates yang sebelumnya tidak ada update kurang lebih selama setahun dan menggantinya dengan Theme Silegan dari Themeson.

Yang terakhir saya mencoba menggunakan CDNCloudflare karena gratis serta menonaktifkan plugin-plugin yang sudah tidak mendapatkan update dan tidak terpakai lagi.

Lihat juga: Digital Marketing yang bisa diterapkan pada Website Anda!

Di atas adalah dua cara paling mudah untuk cek kecepatan situs kita versi saya. Pastinya masih banyak lagi cara-cara yang lain, namun sepertinya kedua situs itu yang paling populer dikalangan blogger hehe.