Cara Menghemat Baterai Android Selama Perjalanan

Posted on

Ojogaptek.com – Halo sahabat ojogaptek.com jumpa lagi dengan kami yang hadir membagikan infodunia teknologi serta aplikasi mod premium gratis. Nah kali ini admin ojogaptek.com akan membagikan dan membahas tentang Cara Menghemat Baterai Android Selama Perjalanan.

Memang kebanyakan ponsel saat ini sudah dibekali dengan baterai berdaya besar. bahkan beberapa sudah mengadopsi fitur fast charging untuk memudahkan pengisian baterai.

Hanya saja selama perjalanan kita tidak bisa memprediksi kapan waktu baterai akan habis terutama jika perjalanannya jauh. powerbank memang bisa diandalkan namun tidak selamanya kita menggunakan powerbank karena keterbatasan dayanya. Maka menghemat baterai selama perjalanan adalah cara bijak agar ponsel bisa digunakan kapanpun.

Selama perjalanan banyak hal yang membuat baterai ponsel lebih boros. Misalnya melakukan streaming untuk mengusir rasa jenuh, sinyal yang kurang baik sehingga baterai lebih boros, hingga bermain game.

Menghemat baterai akan bermanfaat agar nantinya perjalanan lebih aman karena akses komunikasi tetap hidup. Bagi yang saat ini sedang diperjalanan atau akan melakukan perjalanan jauh, cobalah lakukan beberapa langkah berikut ini agar baterai ponsel lebih hemat.

Beberapa Cara Menghemat Baterai Selama Perjalanan

cara menghemat baterai

Lihat juga: Cara Mempercepat Koneksi Internet Android Tanpa Aplikasi

1. Matikan sinyal

Sinyal yang tidak stabil selama perjalanan hanya akan membuat baterai ponsel lebih boros. Pasalnya ponsel akan bekerja lebih keras dalam mencari sinyal.

Jika kondisi sinyal tidak stabil sebaiknya matikan sinyal tersebut. dengan demikian anda bisa lebih lama menghemat daya baterai. Anda bisa mengaktifkan sinyal kembali jika anda sudah masuk ke daerah yang kondisi jaringannya sudah lebih baik.

2. Aktifkan Airplane Mode

Jika anda tidak mau mengatur sinyal maka mengaktifkan fitur Airplane mode adalah cara jitu lainnya. Jika diaktifkan maka secara otomatis bluetooth, GPS, Wifi dan berbagai sinyal radio lainnya akan non-aktif.

Baterai lebih hemat lebih lama. Biasanya mengaktifkan Airplane Mode bisa anda lakukan hanya menyentuh opsi di belakang layar sehingga lebih praktis.

3. Cara Menghemat Baterai dengan mematikan fitur getar

Fitur getar akan membuat daya baterai yang digunakan lebih terkuras. Anda bisa mematikan fitur getar untuk menghemat baterai.

Jika memungkinkan cukup gunakan fitur dering atau silent saja sebagai penanda notifikasi. Sebenarnya dibandingkan fitur ringtone, getar lebih banyak memerlukan daya baterai sehingga lebih baik dimatikan sepanjang perjalanan.

4. Tutup aplikasi yang jarang dipakai

Aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan bisa menyedot daya baterai. Maka jika selama perjalanan anda tidak menggunakan aplikasi tersebut, ada baiknya tutup atau non-aktifkan.

Dengan demikian, baterai pun akan lebih hemat selama perjalanan. Anda tidak perlu repot mencari powerbank atau sumber listrik dengan baterai lebih awet.

5. Redupkan layar

Borosnya baterai bisa disebabkan karena pengaturan layar yang terlalu cerah. Layar yang terlalu cerah akan membuat daya yang digunakan lebih banyak.

Efeknya selama perjalanan baterai akan lebih cepat habis. Maka redupkan layar dengan intensitas yang tidak berlebihan. Anda pun bisa mengaktifkan fitur hemat baterai untuk mendapatkan kecerahan layar yang tidak boros baterai.

Lihat juga: Cara Keluar dari Grup Whatsapp Tanpa Ketahuan Admin

Itu dia beberapa cara untuk menghemat baterai selama perjalanan. Semoga bermanfaat dan membantu memudahkan anda.