Cara Menghemat Baterai Android

Posted on

Ojogaptek.com – Halo sahabat ojogaptek.com berjumpa lagi dengan kami yang datang membagikan info seputar teknologi serta aplikasi mod dan apk premium gratis. Nah kali ini admin ojogaptek.com akan membagikan dan membahas tentang Cara Menghemat Baterai Android.

Seperti kita tahu, semakin kesini, semua ponsel pintar telah menggunakan baterai yang semakin besar, untuk memaksimakan daya tahan penggunaanya untuk aktivitas penggunanya.

Namun pernah gak si kamu, merasakan kok batreai ponsel kamu boros banget gak kaya biasanya? , mah ini adalah salah satu yang harus kamu waspadai dan juga kamu harus mengatasinya.

Kalau kamu bingung, mengapa batrai kamu boros, kamu bisa mengatasinya dengan membuatnya lebih optimal, dan selangkapnya kami akan membagikan tipsnya pada artikel dibawah ini, jadi simak terus ya.

Cara Menghemat Baterai Android

Cara Menghemat Baterai Android

Lihat juga: Cara Reset Xiaomi

1. Gunakan Walpaper Hitam

Jika Anda memiliki perangkat dengan layar AMOLED, gunakan latar belakang gelap atau hitam. Semakin gelap warnanya, semakin sedikit daya yang dikonsumsi. Layar AMOLED ini biasa digunakan pada perangkat Samsung. Baca artikel ini untuk informasi lebih lanjut.

2. Jangan gunakan kecerahan otomatis

Sangat menyenangkan menggunakan kecerahan otomatis karena kecerahan layar secara otomatis disesuaikan di tempat lain. Namun, layar perangkat mungkin lebih terang daripada yang diperlukan.

Karena itu, Anda harus mengatur kecerahan secara manual. Ini memiliki dampak signifikan pada konsumsi baterai, karena layar adalah komponen yang paling bertenaga baterai.

3. Matikan getaran

Jika Anda tidak benar-benar membutuhkannya, matikan fitur getaran. Ini karena getaran smartphone menggunakan lebih banyak kekuatan daripada nada dering. Ini juga mematikan umpan balik haptic untuk lebih mengoptimalkan penghematan baterai.

4. Kurangi waktu tunggu layar

Mengurangi waktu tunggu layar atau waktu mati layar otomatis saat tidak digunakan. Jika saat ini diatur ke 1 menit, kurangi menjadi 30 atau 15 detik. Biasakan untuk mematikan layar secara langsung saat tidak digunakan.

5. Matikan internet dan atur mode pesawat

Jika Anda bekerja atau sibuk, ada baiknya mematikan koneksi Internet dan Wi-Fi Anda. Ini tidak hanya menghemat kerja, tetapi juga menghemat banyak baterai. Saat ini, Play Store memiliki banyak aplikasi yang menyediakan fitur-fitur ini.

Beberapa produsen memiliki banyak yang melengkapi perangkat mereka dengan fitur-fitur ini. B. Sony dengan fungsi mode stamina. Anda juga dapat menghemat baterai dengan menyalakan mode Pesawat saat Anda tidur di malam hari.

Lihat juga: Cara Menghilangkan Iklan di Android

6. Nonaktifkan fitur yang tidak digunakan

Fitur umum seperti GPS, Bluetooth, NFC, dan fitur khusus seperti gerakan udara dan pengguliran cerdas menghabiskan banyak daya baterai. Nonaktifkan fitur ini jika Anda tidak menggunakannya.

7. Gunakan koneksi Wi-Fi

Jika Anda terhubung ke Internet melalui koneksi Wi-Fi, gunakan data seluler untuk menonaktifkan koneksi. Juga, ubah pengaturan Wi-Fi perangkat ke Selalu siaga. Ini menghasilkan konsumsi daya yang lebih sedikit daripada setiap kali Anda menghidupkan Android.

8. Pembaruan aplikasi

Selalu perbarui aplikasi Anda secara teratur untuk kinerja yang optimal. Pengembang biasanya menyediakan pembaruan untuk mengoptimalkan penggunaan baterai dan memori. Ini juga menghapus aplikasi yang tidak digunakan sehingga tidak berjalan di latar belakang dan kehabisan memori dan masa pakai baterai.

8. Matikan sinkronisasi otomatis untuk akun Google

Semua perangkat Android harus diisi dengan berbagai aplikasi Google. Namun tentu saja, tidak semua aplikasi ini diperlukan. Karena itu, nonaktifkan opsi sinkronisasi untuk aplikasi yang tidak diperlukan untuk menghindari kehabisan baterai.

9. Nonaktifkan aplikasi sinkronisasi otomatis

Selain aplikasi Google, beberapa aplikasi biasanya secara otomatis disinkronkan untuk memperbarui konten. Aplikasi yang biasanya melakukan ini termasuk aplikasi klien Twitter, Facebook, dan sebagainya.

Karena itu, Anda dapat menonaktifkan fitur sinkronisasi otomatis dari aplikasi ini untuk menghemat daya baterai. Cukup untuk menyinkronkan konten aplikasi secara manual saat Anda membuka aplikasi.

Lihat juga: Tips Paling Jitu Untuk Mengatasi Kecanduan Smartphone

Nah, jadi Itulah tadi beberapa Cara Menghemat Baterai Android yang dapat kamu lakukan pada ponsel kamu sendiri, kamu dapat mencobanya seperti langkah diatas dengan mudah. Semoga berhasil.

Dan Jangan lupa kunjungi website kami, karena kami mempunyai banyak trik dan tips juga aplikasi dan game android yang menarik di Ojogaptek.com, sampai jumpa kembali dan Terimakasih.