Digital Marketing Life Hacks yang bisa diterapkan pada Website Anda!

Sebenarnya apasih Digital Marketing Life Hacks itu? Okey, mari kita kupas tuntas apa itu Digital Marketing Life Hacks di sini. Jangan terlalu kaku yak bacanya karena ini semua murni pendapat saya sendiri jadi agak sedikit ngasal ngartiinnya. hehehe

Digital Marketing, pastilah sudah banyak sekali yang tahu apa itu Digital dan apa itu Marketing. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Digital memiliki arti “berhubungan dengan angka-angka untuk sistem perhitungan tertentu; berhubungan dengan penomoran” bisa dibilang bahasa mudahnya “Komputer” lah ya, pokoknya semua yang berhubungan dengan komputer itu Digital.

Lalu apa itu Marketing? Marketing itu adalah sebuah cara/proses untuk memasarkan produk agar produk yang kita pasarkan dapat dikenali oleh orang lain sehingga orang lain tertarik dan membeli produk yang sudah kita pasarkan tersebut.

Jadi Digital Marketing itu gampangannya adalah sebuah proses memasarkan sebuah produk melalui media Komputer. Nah, bagaimana? Sudah tahu kan apa itu Digital Marketing? Sekarang kita akan membahas apa itu life hacks?

Life Hacks berasal dari kata bahasa inggris yang menurut google translate artinya “Hacks Kehidupan”. Setelah beberapa tab saya googling apa itu life hacks dapat disimpulkan bahwa life hacks adalah beberapa cara untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam keseharian kita dengan menggunakan alat bantu/cara yang sederhana yang jarang sekali terpikirkan oleh kita dan itu mudah banget.

Setelah tahu apa itu Digital Marketing dan Life Hacks lalu kita dapat menggabungkannya kedua pengertian tersebut sehingga Digital Marketing Life Hacks adalah beberapa cara untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terdapat di dunia Digital Marketing dengan cara yang mudah bahkan jarang terpikirkan oleh para pelaku digital marketing saat ini. Oke, mari kita simak Lebih detilnya.

Pelaku Digital Marketing di Indonesia

Di Indonesia sendiri Digital Marketing sudah sangat tidak asing di telinga kita, saat ini sudah banyak sekali pelaku pelaku bisnis yang sudah mulai merambah ke dunia Digital. Bahkan nih saya sendiri yang tinggal di pelosok Indonesia, Tobelo, Halmahera Utara tepatnya juga dapat menjadi pelaku Digital Marketing. Kenapa saya ingin terjun ke dunia Digital Marketing? Karena saat ini pengguna internet di Indonesia semakin hari semakin bertambah banyak. Apalagi Telkom baru-baru ini mengesahkan proyek Palapa Ring dimana seluruh daerah di Indonesia dapat terhubung melalui jaringan Internet.

Sebagai contoh saja, sekarang beli tiket pesawat udah ga perlu lagi ke agen-agen kita bisa pesan melalui online karena sudah banyak sekali penyedia tiket pesawat online, bahkan bukan hanya pesawat saja sampai ojekpun online. Semua orang  Marketing tentunya memiliki banyak sekali cara yang berbeda-beda untuk memasarkan produk mereka. Ya seperti halnya jualan offline ada yang pakai cara sebar brosur, ada yang pakai cara teriak-teriak dipinggir dagangannya, dan macem-macem deh.

Nah, hal seperti inipun juga dilakukan oleh para pelaku Digital Marketing hanya saja caranya yang berbeda, nggak mungkin juga teriak-teriak online hehe. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan mungkin seperti pasang iklan di sosmed, lalu ada yang bikin website toko online, dan lain sebagainya semua tergantung kekreatifan seseorang.

Kapan sih kita membutuhkan Digital Marketing Life Hacks? Saya sudah mulai berkecimpung di dunia Digital Marketing sejak tahun 2012 waktu itu saya masih SMA dan disitu sedikit sekali orang yang memahami apa itu Digital Marketing. Kalau sekarang mah anak SD juga udah ga sedikit yang ga ngerti apa itu Internet kan.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan dunia Digital Marketing ini semakin ketat. Ya ketat disini karena pelaku Digital Marketing sendiri semakin hari semakin bertambah, disisi lain juga target market juga semakin luas karena pengguna internet sendiri juga semakin banyak. Nah, oleh karena itu namanya Marketing itu tidak bisa dilakukan dengan hal yang monoton, harus selalu ada inovasi karena kepribadian/Interest target itupun juga sering berubah ubah. Jadi kapan kita membutuhkan life hacks di dunia Digital Marketing?

Sebagai contoh kecilnya nih, saya punya sebuah website nih. Saya rasa pembaca di website saya ini semakin hari semakin bosan karena tampilan website saya gini-gini aja kan. Nah, disitu kita harus punya pikiran untuk yaa sedikit memodifikasi user interface dari web kita. Ga bisa kalau kita Cuma diam dan membiarkan web kita begini begini aja nanti malah pembacanya bosan dan ga balik deh karena nemu website lain yang mungkin lebih fresh.

Tips Membangun Sebuah Website Toko Online

Nah, pada kasus kali ini kita akan fokus pada kasus toko online karena saya sendiri juga memiliki toko online sehingga saya tahu persis apa saja kendala ketika membangun sebuah Digital Marketing.

1. Pemilihan nama Domain

Pemilihan nama domain adalah langkah awal kita membangun sebuah Toko Online. Pemilihan nama domain sangatlah penting dan akan berdampak nantinya pada toko online kita. Pastikan kita memilih nama Domain sesuai dengan produk kita anda dapat mengeceknya langsung di www.domainesia.com/domain misal kita menjual baju ya pastikan nama domainnya tokobajucakep.com atau cakepclothing.com usahakan nama domain itu related dengan produk yang kita jual.

2. Pilih Server Web Hosting yang cepat

Karena kita tinggal di Indonesia dan target konsumen anda adalah di indonesia, saya menyarankan anda untuk memilih hosting dengan server ID (Indonesia) saya sendiri mengguanakan Hosting di Domainesia karena merupakan Web Hosting Murah.

Jika target anda adalah pengguna internet luar Indonesia anda bisa pilih server Singapore. Di Domainesia sendiri sudah disediakan berbagai macam pilihan server mulai dari Indonesia, Singapore, US, Jepang dan UK. Pemilihan server ini sangatlah mempengaruhi kecepatan akses website anda.

3. Tampilan Website harus User Friendly

Nah, tampilan website ini menurut saya juga sangat berpengaruh sekali terhadap interaksi pengunjung. Karena pertama, tampilan website ini akan meyakinkan konsumen bahwa Toko Online kita ini niat. Lalu, kalau bisa berikan akses yang mudah untuk konsumen mulai dari cara pemilihan produknya, lalu bagaimana proses checkoutnya, hingga proses tracking barangnya.

Saya sendiri tidak membuat template ini sendiri, saya menggunakan CMS WordPress karena menurut saya wordpress ini sangat mudah digunakan dan banyak sekali penyedia template-template gratis. Oh iya, di Domainesia sendiri juga sudah menyedikan layanan Auto Install WordPress sehingga kita tidak perlu bersusah payah menjalankan WordPress di website kita.

4. Konten yang Original dan Menarik

Buat konten produk anda dengan cara yang menarik, jelaskan secara lengkap deskripsi produknya dan harga produknya. Dan jangan lupa sediakan foto-foto terkait dengan produk anda, jikalau bisa usahakan foto itu original produk anda bukan asal comot dari google lho ya.

5. Promosikan Website yang sudah kita bangun

Banyak sekali cara untuk mempromosikan website yang sudah kita bangun.

  • Sosial Media Marketing, kita bisa membuat akun sosial media toko kita  lalu mempromosikan website toko online kita tadi.
  • Paid Promote, saya sendiri juga sudah pernah mencoba teknik paid promote ini hasilnya cukup memuaskan namun juga tidak boleh terlalu sering.
  • Google Ads, Google menyediakan layanan kita untuk melakukan promosi pada search enginenya ataupun layanan iklan pay per clicknya. Saya sendiri belum pernah mencobanya namun ini juga dibilang sangat efektif karena sudah banyak sekali orang mencobanya.
  • Facebook Ads, Seperti halnya google facebook juga menyediakan layanan iklan, nah kalau fbads ini saya sudah pernah mencobanya dan hasilnya sangat memuaskan karena kita dapat memilih target yang kita inginkan seperti usia, hobi, lokasi, jenis kelamin, dll.

6. Maintain Website secara rutin

Hal ini juga tidak boleh dilewatkan, misal jika anda pengguna wordpress anda harus sering-sering mengupdate plugin-pluginnya. Karena jika dibiarkan website kita akan memiliki celah untuk dimasukin hacker/peretas saya sendiri pernah saat itu mengalaminya.

Di atas adalah ke 6 tips Digital Marketing Life Hacks yang bisa saya share dan mungkin bisa anda terapkan sebelum anda memulainya. Oh ya, untuk keperluan Hosting dan Domain saya menyarankan anda untuk menggunakan Domainesia karena saya sendiri sudah menggunakan Domainesia sejak 2017 dan ini merupakan Hosting Indonesia Terbaik dengan support serta layanan diberikan dan pastinya akan selalu ada promo-promo menarik yang diberikan.

Tentang Widyan Arifin 75 Articles
Hallo sobat ojogaptek! saya Widyan Fakhrul Arifin. Saya penggemar teknologi-teknologi terbaru. Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat yaaa!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*