Cara Membedakan Aplikasi Asli dan Palsu di Android

Posted on

Cara Membedakan Aplikasi Asli dan Palsu di Android – Seperti yang Anda ketahui bahwa ponsel pintar atau smartphone dengan sistem operasi Android adalah perangkat yang sangat populer di jaman modern seperti saat ini. Android sendiri adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Google berdasarkan Linux Kernel yang mana sistem operasi ini bersifat open source sehingga akan memudahkan pihak ketiga untuk mengembangkan aplikasi bagi Android. Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang tersedia untuk perangkat berbasis Android.

Namun sayangnya sistem operasi Android yang bersifat open source justru digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan membuat aplikasi palsu demi keuntungan mereka sendiri. Perlu Anda ketahui bahwa aplikasi palsu ternyata juga bisa Anda temukan di Google Play Store, pada umumnya aplikasi palsu tersebut menyamar sebagai aplikasi yang terkenal. Aplikasi palsu tersebut tentu saja sangatlah berbahaya karena bisa saja telah disusupi oleh virus, berikut ini akan kami ulas cara membedakan aplikasi asli dan palsu di Android.

Cara Membedakan Aplikasi Asli dan Palsu di Android

  1. Perhatikan Nama Aplikasinya

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk membedakan aplikasi Android yang asli dengan palsu adalah dengan memperhatikan namanya, biasanya aplikasi yang palsu akan menyamar sebagai aplikasi yang terkenal dengan nama yang dibuat mirip. Meskipun namanya dibuat sangat mirip, namun jika Anda jeli maka akan tetap memiliki perbedaan dengan nama aplikasi yang aslinya.

  1. Perhatikan Nama Developernya

Untuk bisa membedakan aplikasi yang asli dengan aplikasi palsu di Play Store, maka Anda harus memperhatikan nama developernya. Apabila Anda menemukan dua aplikasi dengan nama yang identik sehingga sulit untuk membedakan mana yang asli, maka Anda bisa melihat nama developer yang mengembangkan aplikasi tersebut sehingga akan jelas terlihat mana aplikasi yang asli dengan yang palsu.

  1. Perhatikan Review dan Ratingnya

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan untuk membedakan aplikasi Android yang asli dengan aplikasi palsu adalah dengan memperhatikan review serta ratingnya. Seperti yang Anda ketahui bahwa setiap aplikasi yang tersedia di Google Play Store pastilah memiliki review dan rating yang diberikan oleh para pengguna, aplikasi yang palsu tentu saja memiliki review dan rating yang lebih buruk.

  1. Jumlah Download

Anda juga bisa membedakan aplikasi yang asli dan yang palsu dengan melihat jumlah download atau unduhannya. Seperti yang Anda ketahui bahwa aplikasi yang asli tentu saja memiliki jumlah unduhan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan aplikasi yang palsu. Pada umumnya aplikasi palsu hanya memiliki jumlah unduhan ratusan saja sebelum akhirnya dihapus dari Google Play Store.

  1. Perhatikan Screenshot

Cara lainnya yang juga bisa Anda lakukan untuk membedakan aplikasi Android asli dengan aplikasi yang palsu di Play Store adalah dengan memperhatikan screenshot-nya. Meskipun aplikasi yang palsu memiliki screenshot yang dibuat semirip mungkin dengan aplikasi aslinya, namun tentu saja akan terdapat beberapa perbedaan sehingga Anda harus jeli dalam melihatnya.

Saat ini ada banyak aplikasi palsu yang menyamar sebagai aplikasi terkenal di Play Store sehingga Anda harus lebih jeli untuk membedakannya.